07 Oktober 2009

DOS program

Dos command


Ada banyak program under DOS yang saya bilang powerfull walaupun terbilang klasik, sampai saat ini saya pun masih sering menggunakan command-prompt (cmd.exe) karena utilitasnya yang sangat berguna. Apa lagi batch programnya yang tergolong unik dan tua. Seperti kata pepatah bilang "Tua-tua biang keladi". Ya, dari
sinilah banyak bermunculan program-program canggih yang jarang diketahui orang banyak.


Beberapa program DOS yang sering saya pakai sampai detik ini antara lain : Chdir , Chkdsk , Chkntfs , Cls , Cmd , Color , Convert, Copy , Del , Dir , Diskcomp , Diskcopy ,  Format , Ftp , Mkdir , Move , Net , Netsh , Print , Rename , Replace , Tracert, Taskkill , Tasklist , Time dan masih banyak lagi yang saya tidak sebutkan satu persatu berserta fungsi-fungsinya.

Berbeda dengan batch program, dimana kita bisa memberikan instruksi untuk pengolahan data (komputasi), menjalankan algoritma, atau pun menjalankan program lain. Program sederhana tapi sangat berguna. Akan tetapi batch hanya bisa dilakukan under DOS seperti yang ada pada beberapa OS .

Untuk penggunaan program DOS, pemanggilan program hanya bisa dilakukan dari DOS itu sendiri (command-prompt);
- klik Start, Run dan ketik cmd.exe

Keterangan dari program pun bisa diperolah dari DOS dengan menggunakan perintah "/?", contoh kecilnya saja, kita akan menjalankan sebuah program pengubah waktu yang ada di komputer kita ;
- ketik time di command prompt, lalu enter
- ketik 00:00:00 lalu enter
dan waktu di kmputer anda pasti akan berubah, baik di bios, maupun di windows yang terlihat di sebalah kanan bawah (taskbar).

Untuk Help pada DOS program, cukup ketik di command-prompt : Help.
Intrupsi menghentikan perintah/program yang sedang berjalan under DOS cukup ketik Ctrl + Z. Jika ingin keluar (menutup) command-prompt cukup ketik perintah exit.

Walapun klasik, hanya dengan tampilan dan perintah-perintah bertipe teks, tapi kegunaan dan fungsionalitasya yang terpenting. Kini banyak sekali programmer yang menciptakan under DOS program menjadi GUI program, hingga produk mereka laris di pasaran teknologi informasi. Bukan hanya itu, bahkan strategi lainnya dalam pemasaran dunia informasi adalah kombinasi dari semua fungsi atau program yang dikembangkan hingga terciptalah sebuah produk yang unggul dan berbobot.

Sampai saat ini, teknologi baru terus dikembangkan, baik perangkat keras sebagai bagian dari operasional maupun perangkat lunak sebagai pengolah data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar