07 Oktober 2009

Tracert

how to use Tracert command


Traceroute adalah perintah untuk mencari jejak alamat IP, simple traceroute pada win32 menggunakan jenis protocol ICMP (ping), yakni Internet Control Message Protocol, data yang dikirim adalah pesan singkat yang dikonversi menjadi binary.Walaupun terbilang klasik, tapi fungsi perintah ini bisa dibilang cukup ampuh, walaupun saat ini sudah banyak tersedia layanan-layanan visual trace di beberapa situs, yang dilengkapi dengan pemetaan global..


Biasanya, intermediary device seperti switch atau router memiliki tabel routing untuk mencari informasi dimana IP tujuan (host) itu berada, dengan menggunakan tabel tersebut, maka informasi keberadaan host tujuan dikembalikan kepada yang mencari jejak (tracer).

Contoh penggunaan traceroute pada command prompt ;
tracert news.google.com

Jika tidak ingin menggunakan URL, maka kita bisa langsung mencari berdasarkan alamat IP, dalam contoh ini, IP untuk news.google.com adalah 64.233.189.104;
Contoh ; tracert -d 64.233.189.104


Penggunaan parameter -d agar pencarian dilakukan dengan tidak mengkonversi alamat IP menjadi hostname, parameter -w (time-out) dipakai untuk menentukan batasan waktu yang dilakukan Ping (ICMP) untuk mengirim dan menerima data dari hasil routing tersebut, normalnya time-out akan bernilai 4000 (standar), berikut ini saya berikan time-out sebesar 2000 (miliseconds) = 2s.
Contoh ; tracert -d -w 2000 64.233.189.104

Selain itu, ada juga parameter -h, digunakan untuk menentukan maksimum jangkauan jejak penelusuran, defaultnya adalah 30 hops (jangkauan). Contoh penggunaan parameter dengan maksimum 5 hops,
yakni ; tracert -d -h 5 64.233.189.104



Penggunaan traceroute pada hub versi lama bisa mengakibatkan lalu lintas jaringan menjadi lambat, karena hub versi lama akan mencari jejak host dengan melakukan penelusuran disetiap koneksi (jaringan), dan tidak akan berhenti sampai paket data sudah mengitari semua host tersebut. Saat ini, model hub dengan versi lamanya sudah disempurnakan dengan adanya switch, yang dilengkapi dengan metoda pencarian berdasarkan tabel routing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar