21 Oktober 2009

ARP

ARP command


ARP adalah singkatan dari Address Resolution Protocol. ARP digunakan ethernet (physical layer) untuk berkomunikasi antar komputer yang terhubung dengan menggunakan cache. ARP akan mencatat phisycal layer (MAC address) komputer yang terhubung secara langsung dan disimpan didalam cache (memory), jika anda memakai gateway atau ISP, maka ARP akan mencatat MAC address komputer ISP tersebut yang akan dipakai sebagai jalur utama koneksi internet. ARP adalah bagian dari proses route, jika tabel routing adalah proses penelusuran di setiap jaringan, maka informasi route akan dikumpulkan dari ARP ini.

ARP bisa diibaratkan seperti komunikasi untuk bertukar data setelah terjadinya handshaking pada komputer yang terhubung dan komunikasi dilakukan tanpa media perantara lain (direct communication).

Untuk melihat jalur koneksi yang terhubung dengan komputer lain (direct),
gunakan parameter -a.

Untuk melihat spesifikasi alamat MAC pada sebuah komputer yang terhubung,
gunakan perintah : arp -a alamat_IP
Contoh : arp -a 168.10.10.1

Ada baiknya jika kita menentukan point destination (static ARP) untuk protokol ini guna meminimalisir kegiatan spoofing pada jaringan wirelass. Lakukan penambahan alamat static pada protokol ini dengan menggunakan parameter -s , dengan syntax adalah :
arp –s IP_address MAC_address.
contoh : arp –s 192.168.0.32 00-50-ba-62-f7-e6




Jika anda ingin menghapus entry ARP tersebut, gunakan parameter -d ,
dengan syntax : arp -d IP_address

Tidak ada komentar:

Posting Komentar