02 November 2009

Static DNS

Di internet, banyak tersedia layanan DNS server. Akan tetapi, tidak semua DNS (server) akan dipakai untuk resolve IP sebuah domain. Ada beberapa faktor untuk menentukan server DNS static, antara lain :
- jarak antara user dengan server tersebut.
- server dengan skala besar dan performa tinggi.
- jalur komunikasi yang tidak sibuk.

Semakin dekat user dengan server DNS, maka waktu pencarian domain semakin cepat. Akan tetapi percuma saja jika server yang digunakan tidak memiliki kemampuan handling request yang besar, yang pasti request dari user tersebut akan dibalas walaupun memerlukan waktu respon yang cukup lama. Biasanya, jika server DNS terlalu sibuk atau mungkin tidak aktif, maka komputer (user) akan mencari kembali server DNS yang lain untuk merubah alamat domain tersebut.

Untuk menentukan alamat DNS terbaik, saya sarankan anda mengunjungi dnsserverlist.org. Situs tersebut bisa melakukan kalkulasi keberadaan server DNS terbaik pada jaringan anda.




Setelah ditemukan DNS server terbaik, lakukan pemetaan alamat DNS tersebut menjadi DNS static pada komputer anda. Bisa saja anda memetakannya lebih dari satu. tapi yang pasti pencarian dilakukan pertama kali adalah pada alamat yang paling awal ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar