04 November 2009

DNS server works

How DNS server works?


Ketika user ingin mengunjungi sebuah situs, maka saat itu juga domain yang ingin dikunjungi diubah menjadi alamat IP. Jika komputer (user) tersebut memiliki layanan client DNS, maka pencarian pertama kali ada pada komputer milik user tersebut (DNS cache). Lalu, jika tidak ditemukan alamat IP domain atau jika user tidak memiliki layanan client DNS, maka pencarian selanjutnya berlanjut ke tahap yang lebih tinggi yakni DNS server, jika belum ditemukan juga, pencarian ini berlangsung seterusnya ke tahap yang lebih tinggi hingga alamat domain tersebut ditemukan.





sumber http://www.cisco.com

Contoh kasus :
Seorang user ingin mengunjungi sebuah situs, hal yang pasti ia lakukan adalah menulis alamat website pada kotak URL yang ada di browsernya, misal ; www.google.com

Hal yang terjadi setelah user menekan enter , maka alamat website tersebut (www.google.com) yang memiliki nama domain google.com lalu diubah oleh (default) DNS server menjadi sebuah alamat IP dan kemudian alamat IP tersebut dikirim ke komputer user tersebut, selanjutnya alamat IP tersebut akan disimpan kedalam sebuah cache komputer user tersebut.

Penyimpanan ini akan berguna ketika suatu saat nanti, user ingin mengunjungi kembali situs tersebut. Seandainya IP tersebut tidak terdaftar pada DNS cache yang berada di komputer user, maka pencarian IP berlanjut ke tahap yang lebih tinggi yakni DNS server, jika tidak ditemukan pula, maka pencarian berlanjut lagi ke tahap yang lebih tinggi lagi, yakni root server. Begitulah pencarian berlangsung hingga nama website tersebut ditemukan atau mungkin tidak ditemukan alamat IP sebenarnya.





Jika alamat ip tersebut sudah ditemukan, dalam kasus ini, resolve dari domain google.com adalah 74.125.67.100, maka hal yang sebenarnya dilakukan browser adalah koneksi dengan alamat IP tersebut.

Akan tetapi user pun bisa menggunakan IP tersebut pada browsernya sendiri, yang nanti akan langsung menuju halaman awal web/domain tersebut,

contoh lain ;
penggunaan alamat IP menuju situs yahoo.com (http):





Dan cache DNS akan bekerja selama alamat IP website tersebut tidak berubah atau selama domain tersebut aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar