04 November 2009

Internet Connection Problem

Internet Connection Problem


Mengapa koneksi internet saya sangat lambat?

Sering kali pengguna komputer sudah mencoba beberapa tips untuk mempercepat koneksi internetnya masing-masing.
Tapi hal sepele bisa saja terlupakan atau mungkin dan bahkan pengguna internet tidak mengetahui gangguan yang sedang terjadi pada komputernya masing-masing.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi koneksi sebuah komputer menjadi lambat.
Hal yang paling dan sering terjadi adalah karena gangguan internal komputer tersebut, misalnya; virus, spyware, worm, trojan, atau mungkin kinerja komputer yang tidak didukung oleh perangkat keras yang memadai.

Kinerja komputer memang sangat tergantung dari perangkat keras yang terdapat didalamnya, jika performa komputer baik, maka sudah pasti koneksi internet akan terasa lancar. Akan tetapi percuma saja jika perangkat keras sudah memadai tapi ada gangguan internal dari dalam komputer seperti yang saya sebut diatas.

Mengapa demikian?
Didalam komputer ada sebuah otak yakni prosessor, yang akan menjalankan instruksi/perintah baru setiap kali kita melakukan "click" atau menekan sebuah tombol pada keyboard (contoh : sebuah program/aplikasi) maka instruksi tersebut akan dijalankan prosessor. Jika prosessor dan perangkat keras tersebut memadai (optimal), maka kinerja komputer pasti lancar. Berbeda halnya jika sudah terganggu oleh berbagai macam program atau mungkin sudah terjangkit virus atau variannya.

Lalu, apa hubungannya virus dengan koneksi internet?
Jika sebuah komputer sudah terjangkit virus, maka sudah pasti kinerja processor (komputer) akan lambat, apalagi virus biasanya terkenal dengan metoda membelah dirinya sendiri, dan sudah pasti koneksi internetnya akan terasa lambat pula.
Penyebabnya adalah ;
Sering kali memori komputer sudah terisi penuh oleh instruksi virus (bit-per-bit), dan biasanya virus akan bekerja sebagai program dengan prioritas tinggi (system), dikarenakan prioritasnya tinggi, maka sering kali processor hanya melayani intruksi dari virus tersebut, dan terkadang prosessor mengabaikan instruksi yang datang dari sumber lain,
instruksi lain yang dimaksud dalam hal ini adalah internet. Maka sejak itu pula, antivirus, anti spyware dan tool pendukung lainnya memiliki peranan penting untuk menjaga performa komputer anda.

Selain gangguan internal, ada pula masalah koneksi yang disebabkan oleh gangguan eksternal yang bukan berasal dari komputer pengguna internet. Contohnya adalah sharing bandwidth, kecepatan downstream dan upstream, lokasi (jarak), hingga penggunaan firewall untuk membatasi koneksi (port) mana saja yang akan terhubung ke internet.

Bandwidth biasanya dibatasi dari provider, tapi kita bisa mengoptimalkan kinerja komputer dengan bandwidth yang ada, dan sekarang ini sudah banyak situs penyedia layanan untuk mengukur bandwidth.

Salah satu yang sering dilupakan pengguna internet adalah firewall, firewall bisa juga diibaratkan seperti pelindung/lapisan paling luar dari ancaman bahaya, fungsi firewall adalah memberikan izin kepada komputer lain untuk berkomunikasi dengan komputer milik kita. Jika firewall aktif, maka berbagai port atau jalur komunikasi akan dibuka atau ditutup sesuai kebutuhan. Jika tidak aktif, maka komputer lain bisa saja berkomunikasi secara illegal untuk mencari informasi yang ada di dalam komputer kita ini (spy). Jika ada program yang memberikan informasi dari komputer kita ke komputer lain secara illegal, maka program tersebut dinamakan spyware.

Untuk pengguna windows versi XP dan sebelumnya, saya sarankan agar menggunakan firewall tambahan, karena firewall standarnya masih memiliki lubang dan celah keamanan yang sangat membahayakan bocornya informasi pada komputer anda, serta dapat mengganggu aktifitas lalu lintas untuk internet. Untuk selain windows, bisa disesuaikan aplikasinya sesuai keperluan masing-masing.

Mengapa koneksi pada port bisa mempengaruhi lalu lintas internet?
Untuk browsing, umumnya anda hanya memerlukan satu port yakni port 80 (HTTP), jika port tersebut sibuk dan tidak bisa diakses, maka alternatif lainnya adalah port 8080. selain itu masih banyak lagi port dengan fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, tetapi semua port itu tidak perlu kita gunakan. Bayangkan, jika 100 port melakukan koneksi secara serentak pada komputer kita, maka kinerja komputer benar-benar sibuk melayani 100 komputer tersebut secara bersamaan, sementara kita hanya ingin melakukan browsing dengan menggunakan port 80/8080 saja. Terkecuali fungsi komputer yang kita miliki adalah sebagai server, maka kinerja komputer memang diperuntukkan melayani banyak komputer (client). Hal ini lah yang biasanya dilakukan spyware, worm dan virus, selain banyak menggunakan sumber daya komputer seperti processor dan memory, spyware, worm dan lainnya akan mencari dan menggunakan jalur komunikasi internet (port) untuk mengirimkan data pribadi ke pembuatnya, bahkan hingga puluhan port terhubung ke server pembuatnya. Itulah sebabnya jaringan internet bisa menjadi lambat ketika komputer sudah terjangkit virus, worm atau spyware. 

Selain itu, agar koneksi internet lebih cepat, kita pun perlu melakukan optimasi baik dari komputer itu sendiri maupun lalu lintas internet yang akan kita pakai, agar koneksi internet lebih efisien, ada banyak cara, antara lain ; pemeriksaan keamanan berkala, konfigurasi browser, administrasi komputer, hingga maintenance berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar