04 November 2009

Bandwidth Meter


Bandwidth Meter



Bandwidth adalah kecepatan rata-rata transfer data antar komputer dalam satu koneksi. Biasanya ukuran kecepatan koneksi di asumsikan dalam satuan detik yakni bits per seconds (bps).  Semakin besar bandwidth, maka koneksi internet/antar komputer akan semakin cepat.

Saat ini sudah banyak situs penyedia pengukur bandwidth sebagai tolak ukur kinerja PC dalam jaringan
(internet) , antara lain:
- speedtest.net
- ip-adress.com
- speakeasy.net
- dslreports.com
- pcpitstop.com

Selain itu masih banyak lagi situs-situs penyedia jasa pengukuran bandwidth lainnya yang tidak saya sebutkan.

Peranan bandwidth sangat mempengaruhi koneksi, semakin besar bandwidthnya maka kecepatan koneksi akan semakin lancar. Penggunaan bandwidth diatur sesuai dengan aturan dan ketentuan provider penyedia layanan internet.

Untuk pelanggan internet dengan alamat IP DHCP, maka bandwidth yang diberikan biasanya sudah di-bagi rata/share dengan pelangan lain untuk satu backbone. Berbeda jika anda memiliki alamat IP seperti yang sudah diberikan provider kepada anda, dan alamat IP ini bersifat static/permanent selama masa berlaku akun anda aktif. Untuk alamat IP static, koneksi internet biasanya tidak mengalami gangguan, karena provider sudah mematok besar bandwidth yang akan dipakai pelanggan. Berbeda dengan alamat IP DHCP yang diberikan provider yang biasanya memiliki lebel Up to XXXX Kbps. Contoh, Up to 512 Kbps dengan arti kecepatan rata-rata maksimum bisa mencapai 512 Kbps. Maksimum disini tidak selamanya kecepatan kita adalah 512 Kbps, bisa berubah-ubah sesuai traffic internet yang sedang berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar